Friday, September 8, 2017



Tempat wisata di klaten yaitu Umbul Manten mempunyai asal usul yang menarik. Namanya sangat unik bukan ? Umbul Manten , “manten” dalam bahasa jawa berarti “pengantin”. Ya, dulunya tempat ini digunakan untuk prosesi siraman sebelum acara pernikahan bagi para penganut adat Jawa.
Umbul Manten Konon dulunya berasal dari 2 buah sumber mata air. Dimana kedua sumber air tersebut dikenal dengan nama Umbul Peteng dan Umbul Pelem. Oleh masyarakat sekitar, dua umbul tersebut dulunya juga disebut sebagai Umbul Lanang yang berarti laki-laki dan Umbul Wadon yang berarti perempuan.
Ada banyak versi cerita mengenai kedua umbul itu, ada yang mengatakan bahwa Umbul Lanang adalah Umbul Pelem, ada juga yang mengatakan bahwa Umbul Lanang adalah Umbul Peteng. Juga ada versi lainnya yang menyatakan jika Umbul Lanang adalah Umbul Pelem sedangkan Umbul Wadon merupakan Umbul Peteng.
Dikatakan jika dahulunya Umbul Pelem ini berada tepat di tepi jalan, sedangkan Umbul Peteng sendiri berada lumayan jauh dari tepi jalan. Umbul Peteng terletak di sebelah selatan umbul Pelem, dan mengapa namanya Umbul Pelem ?. Karena konon umbul didekat umbul tersebut tumbuh pohon mangga yang dalam bahasa jawa berarti “Pelem”, dari situlah nama Umbul Pelem muncul.

Untuk Umbul manten, diceritakan konon dulunya sepasang pengantin baru yang baru saja menikah diberi petuah oleh orang tuanya untuk tidak keluar rumah menjelang senja(magrib) tiba sebelum 40 hari menikah. Namun, pasangan tersebut justru melangkah petuah orang tua mereka, sebelum 40 hari lewat mereka keluar rumah ketika senja mulai datang.
Sang suami berjala mendahului sang istri, namun ketika ia menengok ke belakang untuk mencari keberadaan istrinya ia tak menemukannya. Kejanggalan tersebut juga dialami oleh sang istri, ia tak menemukan calon suaminya yang berjalan mendahuluinya. Lokasi tempat menghilangnya dua insan tersebutlah yang saat ini dinamakan sebagai umbul manten. Lokasi dimana dua calon pengantin saling kehilangan dan tidak pernah bertemu kembali.
Entah cerita tersebut nyata atau hanya mitos, namun yang jelas adalah Umbul Manten tetap mejadi objek wisata recommended untuk anda yang menyukai wisata alam degan suasana asri nan alami. Utamanya bagi anda warga Klaten, anda harus berkunjung ke tempat ini !. Ajak kelaurga dan teman anda, rasakan sendiri kesejukan air dan udara yang bersih di sana !.

0 comments:

Post a Comment

Label

Arsip Blog Saya

Pages

Pengikut

Popular Posts